Sabtu, 13 November 2010

Rahasia Dunia Blog


Ternyata setelah mencoba dunia blog dan dunia maya alias on line tidak semudah yang dibayangkan. Kalau tujuan kita hanya menulis blog saja mungkin tidak lah sulit namun meluangkan waktu, pikiran dan berkunjung ke blog kawan-kawan setiap hari mungkin perlu pengorbanan dan pengetahuan dasar.

Pengetahuan dasar yang perlu dimiliki:

• Mendaftarkan diri ke mana? ya tentunya harus memilih apakah mau membuat blog yang gratis atau yang bayar. Kalau yang gratis mesti memilih yang mana blogger, wordpress, multiply dan lain sebagainya.Silakan siapkan nama yang akan dipakai dalam blog misalnya seperti saya punya rahasiaofsecret.blogspot.com. Nama yang saya pakai adalah rahasia of secret yang terdaftar di blogspot.com

• Mengisi semua form applikasi secara lengkap dan ikuti petunjukknya dan kemudian semua sudah terdaftar bisa langsung start menulis. Nah pada saat mau menulis ini lah yang perlu dipikirkan. Kalau asal menulis saja maka kurang menarik untuk dibaca sehingga tidak dapat menarik para penggunjung untuk membaca. Jadi tentukan topiknya terlebih dahulu. Apakah mau menulis sebuah artikel, pengalaman pribadi, bercerita tentang apa yang pernah dibaca atau didengar, memberikan panduan tentang internet, bisnis, atau tentang handphone, komputer dan lain-lain (bisa dilihat dari hobby maupun blog yang ada di internet)

• Setelah memilki topik yang jelas maka dapat melakukan penulisan melalui dua cara yaitu yang pertama adalah secara off line alias di ketik dulu di microsoft word kemudian tinggal dicopy paste. Kedua secara on line yaitu diketik langsung pada saat internet tersambung (yang perlu diperhatikan yah biaya telepon atau pulsanya kecuali unlimited).

• Memberikan nuansa yang berbeda seperti menambahkan gambar atau music atau video ke dalam blog juga bisa namun saya pribadi kurang suka menyisipkan music dan video jadi lama munculnya (memerlukan waktu).

• Setelah menulis blog kita tinggal klik ok sudah selesai maka kita bisa melihat hasil karya kita kalau masih mau diperbaiki atau di up date di lain hari atau pada saat itu juga bisa.

• Oh ya ini rahasia yang paling perlu diingat setelah menulis beberapa topik suatu hari mungkin ada orang yang memberikan komentar di blog kita. Itu artinya apa yang kita tulis memiliki daya tarik tersendiri mungkin komentarnya baik ada juga yang mungkin tidak baik. Menurut pengalaman saya sebaiknya komentar tersebut jangan dihapus dan sebaiknya kita berkunjung ke blog yang memberikan komentar kecuali kalau tanpa nama. Rahasia lainnya adalah bergabunglah dengan komunitas blog yang ada dengan cara mendaftarkan diri ke komunitas tersebut dengan demikian kita bisa mendapatkan informasi dari blog lain dan menggundang pengunjung lain datang ke blog kita. (untuk mengetahui komunitas blog silakan ketik di google search blog community....banyak silakan dicoba).

Setelah memiliki pengetahuan dasar saja masih belum cukup rasanya karena masih banyak yang perlu dipelajari.....Yang pasti belajar memerlukan waktu, tenaga dan konsentrasi. Kuasai terlebih dahulu pengetahuan dasar setelah mahir maka kita melangkah ke proses selanjutnya....Saya mau menyelesaikan tugas saya..yaitu belajar tahap dasar ini terlebih dahulu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar