Rabu, 27 Oktober 2010

Bahagia dengan Pekerjaan


Apakah Pekerjaan Membuat Anda Bahagia?
Siapapun dan dimanapun, setiap orang pasti mendambakan kebahagiaan sejati. Termasuk juga dengan pekerjaan Anda saat ini. Tentu dong sebagai manusia normal, Anda ingin pekerjaan yang saat ini Anda geluti dapat memberi kebahagiaan tersendiri bagi kehidupan Anda.

Tetapi masalahnya tidak semua orang dapat mengetahui secara pasti apakah dirinya bahagia atau tidak dengan pekerjaannya. Padahal, jika pekerjaan Anda dapat memberikan kebahagiaan, tentu akan berpengaruh pada kebahagiaan dalam hidup secara keseluruhan.
Memang, kebahagiaan yang dirasakan tiap individu sangat relatif sifatnya. Ada yang sudah merasa bahagia dengan cukup menjadi 'staf' tetapi banyak pula yang merasa tidak bahagia padahal sudah menjadi pemimpin perusahaan. Nah, kalau Anda ingin mengukur sejauh mana kebahagiaan Anda dalam pekerjaan Anda sekarang, coba deh Anda jawab pertanyaan di bawah ini.

* Apakah Anda merasa bahwa pekerjaan Anda dapat menjadi sandaran bagi masa depan? Masa depan yang cerah merupakan dambaan setiap individu. Dan masa depan yang cerah ini identik dengan pekerjaan yang bagus dan berprospek. Jika Anda merasa pekerjaan saat ini dapat dijadikan sandaran bagi masa depan Anda, boleh jadi Anda merasa cukup bahagia. Tetapi kalau Anda
ragu-ragu, berarti Andapun tidak yakin apakah Anda bahagia dengan pekerjaan Anda sekarang atau tidak.
* Apakah Anda merasa penghasilan Anda di kantor lebih dari cukup?
Tak dapat dipungkiri, kadang kebahagiaan seseorang diukur dari materi yang diperoleh. Orang yang bergaji besar cenderung dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan orang yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya tentu merasa lebih mudah merasakan kebahagiaannya.

* Apakah di kantor Anda memiliki sahabat yang siap dimintai pertolongan? Sebagai mahluk sosial, Anda perlu melakukan sosialisi dengan rekan-rekan di kantor. Namun dari sekian banyak rekan kantor Anda, adakah salah satunya yang menjadi sahabat Anda...? Dalam arti yang mau mendengarkan cerita Anda, mau menampung keluh kesah, siap membantu Anda dalam kesulitan, dan saling
berbagi. Jika Anda memilikinya, rasanya kebahagiaan Anda di kantor akan semakin lengkap.

* Apakah Anda merasa hubungan dengan semua rekan-rekan di kantor berlangsung baik? Anda pasti bisa merasakan, bagaimana jadinya jika selama ini Anda dikenal sebagai karyawan yang cerdas, berpenghasilan besar, dan berprestasi tetapi tidak memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan di kantor. Dapat dipastikan batin Anda akan tertekan dan hampa, kecuali jika Anda orang yang sangat individualis dan tidak membutuhkan siapapun di kantor.

* Apakah Anda masih memiliki waktu luang?
Banyak orang yang stres berat, akibat tak memiliki waktu luang untuk menyenangkan dirinya pribadi. Waktu Anda tersita untuk pekerjaan yang menumpuk. Selain otak dan pikiran jenuh, fisik Andapun akan melemah. Sebaliknya, jika Anda masih memiliki waktu luang di tengah rutinitas Anda sehari-hari, Anda masih bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan diri Anda pribadi. Misalnya rekreasi, melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga, sahabat, dll. Bukankah ini sangat membahagiakan....?

Bagaimana...? Apa jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan di atas? Ya atau tidak..? Semakin banyak Anda menjawab ya, rasanya Anda bisa dikategorikan 'bahagia' tetapi kalau jawaban Anda lebih banyak 'tidak' rasanya kebahagiaan itu belum Anda miliki. Dan jika Anda merasa belum bahagia, Anda harus berupaya keras untuk mendapatkannya. Karena sebagai manusia yang berakal budi tentu Anda punya cara tersendiri untuk mewujudkan kebahagiaan Anda, baik di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan ini. Selamat meraih kebahagiaan...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar